Leave a comment

Tulisan pertamaku tentang Jokowi

Pencalonan Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi serta Asean Paragames VI menjadi isu yang menghadang saya saat awal-awal bekerja sebagai freelance journalist di The Jakarta Post. Sejak kuliah di Universitas Sebelas Maret kisaran tahun 2004-2009 saya sudah banyak mendengar berbagai sepak terjang Jokowi sebagai Walikota. Memang belum begitu banyak karena dia baru maju sebagai Walikota Surakarta pada tahun 2006 dan pada saat itu dia langsung sibuk menata Kota Solo termasuk membuat ikon Solo Kota Budaya.

Belum banyak yang saya ketahui kala itu karena selama kuliah saya termasuk jarang keliling-keliling Kota Solo dan lebih banyak berada di areal kampus sehingga saya tidak begitu paham apa yang sudah berubah dan apa yang sedang dikerjakan.

Ketika akhirnya saya berkesempatan untuk mengenalnya lebih dekat dan mencari tahu apa saja yang sudah dilakukannya dia sudah mempersiapkan dirinya untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dan story saya tentang dia saya tulis pada 6 Desember 2011 dan tayang di edisi cetak The Jakarta Post atau The Post pada 7 Desember 2011, Jokowi Still Mulling Jakarta Governor Bid.

Saya bersyukur menjadi salah satu jurnalis yang berkesempatan menyaksikan detik-detik ‘keberangkatannya’ ke Jakarta. Menurut saya kala itu terhitung luar biasa. Bagaimana tidak, sosok Jokowi sebelumnya seakan identik dengan image Solo-nya dan seandainya akan melanjutkan kiprah politiknya kemungkinannya adalah menjadi Gubernur Jawa Tengah. Ternyata oh ternyata, melenceng jauh. Dia memilih, ah, lebih tepatnya dipilih untuk meneruskan kiprahnya ke Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kota Metropolitan sana.

Masih teringat jelas, ketika itu saya diminta untuk menanyakan tentang kemungkinan yang lebih jauh lagi, yaitu kemungkinan untuk menuju RI 1. Dan olehnya, pertanyaan itu dijawab setengah bercanda kalau dia lebih pantas menjadi seorang Kepala RT. Pada akhirnya, setelah dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dia benar-benar melenggang ke RI 1.

Leave a Reply

